Maluku  

PAN Resmi Usung Murad Ismail Sebagai Bakal Calon Gubernur Maluku

Avatar photo
PAN Resmi Usung Murad Ismail Sebagai Bakal Calon Gubernur Maluku
Pertemuan Ketum PAN Zulhas, Widya Pratiwi dan Murad Ismail. (Foto: IG/@widyamuradismail)

MANGENTETIMUR.COM – Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mengusung Irjen. Pol (Purn). Drs. Murad Ismail sebagai Bakal Calon (Balon) Gubernur Maluku periode 2024 – 2029.

Rekomendasi serta pengumuman dilakukan dengan penyerahan SK langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), di rumah dinas Menteri Perdagangan (Mendag), Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024).

Selain Murad Ismail, PAN juga mengusung Al Haris sebagai Bakal Calon Gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jambi, serta Rudy Ma’sud di Pilkada Kalimantan Timur.

Dalam keterangan pers, Zulhas berharap jika nantinya terpilih menjadi Gubernur, ketiganya dapat menjaga kepercayaan dan mampu untuk menjalankan tugas dengan optimal demi kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.

“Gubernur itu jabatan yang sangat penting. Kami nggak minta proyek atau apa. Utamakan memajukan masyarakatnya, utamakan untuk kemajuan daerah saudara dan Indonesia. Itu saja pesan kami,” kata Ketum PAN Zulhas, dalam keterangan pers.

Lebih lanjut, Zulhas mengatakan jika PAN turut berjuang dalam memenangkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sehingga, dirinya yakin kemenangan itu dapat terulang dalam Pilkada 2024.

“Catat saja ini tanggal 6 (Juni) hari Kamis, tiga-tiganya terpilih lagi. Catat omongan Ketua PAN. Walaupun belum pemilihan, saya sudah mengucapkan selamat bertugas,” tandas Menteri Perdagangan itu.

Partai berlambang matahari itu memiliki tiga kursi di DPRD Maluku untuk periode 2024-2029. Jika ingin maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Maluku, maka Murad Ismail masih membutuhkan lagi setidaknya enam kursi.

Hal itu karena sesuai syarat harus memiliki sembilan kursi untuk bisa ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai Calon Gubernur.

Sebagaimana diketahui, dalam pertemuan tersebut, Murad Ismail turut ditemani oleh sang istri Widya Pratiwi Murad Ismail yang juga merupakan Ketua PAN Maluku.

Widya Pratiwi diangkat menjadi Ketua DPW PAN Maluku pada Senin (27/5/2024), menggantikan Wahid Laitupa yang masa jabatannya telah berakhir. Widya pun menegaskan akan membawa PAN meraih kemenangan di Pilkada 2024.

Dirinya menuturkan akan mengerahkan seluruh kemampuan dan sumber daya partai di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Maluku dalam momen Pilkada mendatang.

MURAD ISMAIL EKS GUBERNUR MALUKU PERIODE 2019-2024

Untuk diketahui, Murad Ismail merupakan mantan Gubernur Maluku periode 2019-2024 bersama Barnabas Orno sebagai wakilnya. Masa bakti mereka berakhir pada 24 April 2024 lalu.

Jabatan mereka kemudian diambil alih oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Sadali Ie, yang ditunjuk sementara sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Maluku oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Penunjukan Sadali Ie sesuai ketentuan pasal 78 ayat (2) huruf a UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda), pasal 131 ayat (4) PP 49 tahun 2008, serta berdasarkan Radiogram Menteri Dalam Negeri Mendagri No. 100.2.1.3/1879/SJ tanggal 24 April 2024.

**) Ikuti berita terbaru MangenteTimur.com di Google News

Penulis: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *